Minggu, 31 Juli 2011

Teknologi dan kebiasaan User

Ngobrolin tentang teknologi yang semakin berkembang pesat. Contoh gambarannya pada tahun 1994 teknologi harddisk dengan kapasitas 40 MB saja sudah termasuk canggih. Pada saat itu para pengguna komputer masih cenderung memajang komputernya sebagai hiasan teknologi tingkat tinggi karena tidak semua orang dapat menggunakan komputer atau bahkan untuk mempunyai komputer dalam penggunaan sehari-hari, belum kepikiran. Kemajuannya sangat sangat drastis, tahun 2010 kapasitas harddisk sudah ber-Tera Byte. Perbandingannya, biar jelas ngebayanginnya, seperti ballpoint dibandingin dengan Pulau Jawa. Huge, a very big capacity. Kalo dulu dengan 40 MB pengguna komputer cuma bisa menyimpan gambar foto sebanyak  40 gambar, itu juga udah pasesedek. Sekarang ratusan ribu gambar foto bisa disimpan dalam 1 harddisk dan masih leluasa kulayaban kamana mendi. Belum lagi kalo dilihat dari ukuran fisiknya. Dulu dengan kapasitas 40 MB harddisk beratnya 2 kilo lebih. Serius pernah ngebandingin dengan berat gula jatah extra fooding. Dua bungkus gula ukuran sekiloan dibandingin beratnya dengan harddisk sama beratnya. Pernah buka juga, pantesan berat, lah besinya aja tebel banget, belum cakram didalamnya tebel-tebel dan banyak.
Sepanjang masa perkembangan teknologi tersebut, beberapa orang termasuk saya, mungkin masuk ke dalam golongan orang-orang yang masuk kategori gagap teknologi. Kenapa demikian? Belum marem satu teknologi timbul sudah ada teknologi baru yang menggantikannya. Terus baru sebentar teknologi pengganti berkembang sudah ada pengganti lagi yang lainnya. Nah yang model gene nich nyang bikin kueder. Ngikutin sebentar eh udah berubah lagi. Emang sich pernah belajar mengenai IT, tapi sangking banyaknya IT, keteteran ane.
Tapi karena gigihnya mempertahankan teknologi, begitu browsing, ketemu teman2, ternyata teknologi yang dipakai sudah kedodoran, terutama modelnya. Masalah fungsi sich sama saja, cumang gengsinya berbeda. Halah ...... kalo dah ngomong gengsi, kompiuter baru saja, gres, dan baru ngutang 3 bulan yang lewat dah bener2 kehilangan gengsi. Beli 6 juta dua bulan kemudian harganya anjlok drastis, bisa hilang sepertiganya tuh harga.
HP lagi misalnya, biasa pake nokia tiba2 nokianya ilang dibabat orang kebeli sonny ericson. Pemutakhiran kebiasaannya jauh berbeda. Familiar dengan nokia eh tiba2 harus pake sonny ericson, lumayan adaptasinya memerlukan waktu.

Belum nyampe nich ke pembahasannya ........... ntar lagi ah, waktunya udah habis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bunga Rampai

Menggapai kata-kata dalam pencapaian makna perjalanan kehidupan nan fana. Semoga manfaat untuk dunia akhirat.



Blog Rudi Santosa


Terima kasih sudah mau mampir. Seandainya mau copy paste, dipersilakan, asal jangan dibumbui dengan ditambahi atau dikurangi, apa adanya saja. Tolong dituliskan alamat blog ini. Apalagi kalo mau ambil fotonya mohon dapat disebutkan dengan lengkap dan benar sumber foto tersebut. Kalo sudah diedit agar disebutkan dengan jelas bahwa tulisannya sudah diedit. Dengan demikian tanggungjawabnya beralih kepada pengedit tulisan saya. Hak cipta hanya milik Allah Subhanahu wa ta'ala.















Supporters