Rabu, 06 April 2011

Pondok Pesantren Suryalaya

Mohon maaf sebelumnya, bahasan ini adalah apa yang pernah saya lihat dan saya alami. Tulisan ini menurut kacamata saya, sekedar membeberkan pengalaman. Mudah-mudahan dapat diambil manfaatnya.
Pondok Pesantren Suryalaya ada di lingkungan sekitar Gunung Syawal. Kalau dari Pamoyanan ambil arah ke Panjalu adanya di sebelah kiri.
Pesantren ini sudah terkenal sejak dahulu karena selain sebagai tempat membina para santri dalam memperoleh pelajaran dunia akhirat juga digunakan sebagai tempat pengobatan bagi pasien yang mengalami ketergantungan narkoba. Para pasiennya berasal dari seluruh daerah di Nusantara dan ada juga yang dari luar negeri. Tingkat keberhasilan pengobatan yang tinggi membuat pesantren ini menjadi semacam rujukan bagi pengobatan sejenis. Saya sendiri tidak tahu persis cara pengobatannya.
Saya sering melewati lokasi pesantren setiap bulan, dulu, ketika pergi ke Bandung ikut nebeng Kaka ke-2 sekalian minta diantar ke Pamoyanan dan Kaka saya pulang ke kost-an. Kebetulan beliau kerjanya di daerah Puteran dan kost nya di sekitar lingkungan pesantren.
Jalanan menuju pesantren sangat terpelihara dengan baik karena termasuk jalan negara. Seringkali saya ketemu dengan rombongan para pejabat negara yang akan berkunjung ke pesantren.
Beberapa kali, alhamdulillah, saya bisa mengikuti shalat berjama'ah di Mesjid Pesantren Suryalaya. Ada yang khas, setelah shalat berjama'ah dilanjutkan dengan dzikir bersama dengan suara yang keras menggema. Pertamakali saya kaget, setelahnya bisa menikmati. Rasanya setelah berdzikir disana seperti semakin luas dunia ini. Subhanallah ............. 
Alhamdulillah, dulu saya pernah juga bersalaman dengan Abah Anom yang didampingi oleh istri beliau, katanya asli Malaysia. Mudah-mudahan Allah SWT memberikan kesehatan dan keselamatan untuk Abah Anom.
Well, I couldn't continue this entry ....... segini aja dulu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bunga Rampai

Menggapai kata-kata dalam pencapaian makna perjalanan kehidupan nan fana. Semoga manfaat untuk dunia akhirat.



Blog Rudi Santosa


Terima kasih sudah mau mampir. Seandainya mau copy paste, dipersilakan, asal jangan dibumbui dengan ditambahi atau dikurangi, apa adanya saja. Tolong dituliskan alamat blog ini. Apalagi kalo mau ambil fotonya mohon dapat disebutkan dengan lengkap dan benar sumber foto tersebut. Kalo sudah diedit agar disebutkan dengan jelas bahwa tulisannya sudah diedit. Dengan demikian tanggungjawabnya beralih kepada pengedit tulisan saya. Hak cipta hanya milik Allah Subhanahu wa ta'ala.















Supporters