Senin, 06 Juni 2011

Pisang

Pisang, makanan penutup dan penghias makanan utama. Kadang-kadang suka dilupakan orang karena sifatnya yang bukan makanan primer. Ada beberapa daerah yang menjadikannya sebagai makanan khas seperti di Lampung. Pembudidayaannya dilakukan secara intensif sehingga hasilnya pun maksimal.
Di Ciamis khususnya di Sadewata penanamannya dilakukan secara tradisional maksudnya ditanam sich ditanam tapi tidak diperlakukan secara istimewa. Dalam artian mau hidup silakan mau mati juga nggak apa-apa tinggal nanem lagi aja.

Padahal kalau dibudidayakan secara benar, pisang dapat memberikan hasil yang sangat bagus apalagi jika hasilnya diproduksi dengan benar dan sesuai dengan kaidah pengolahan makanan yang bagus.
Ini gambar pisang yang asal tanam saja, ceb cul leos tea. Hasilnya bagus kan? Bayangkan bagaimana  jika dipupuk dan dipelihara dengan baik, so pasti hasilnya akan lebih bagus lagi.
Indonesia tea atuh tanahna subur gemah ripah loh jinawi. Saur KoesPlus mah tongkat kayu dan batu jadi tanaman.



Gambar diatas ini pisang nangka muda

Gambar diatas ini pisang ambon lumut ?


Gambar diatas ini pisang hurang. Kenangan yang tak terlupakan. Saat disunat banyak banget dikirim Kakek : H Arifin almarhum, sampai ngahunyud seueur pisan di loteng rumah. Bararadag cauna teh tur seungit.


Gambar diatas ini pisang omas, emas




Gambar diatas ini pisang bagja


Gambar diatas ini pisang nangka udah agak tuaan

Gambar diatas ini bukan gambar pisang tapi gambar pedes

 Yang ini gambar cau alkoyut





Pisang susu di pekarangan rumah Mama Haji lama 


Cau naon ieu?

Gambar diatas ini pisang ambon


Gambar diatas ini pisang ambon pohonnya ditebang langsung muncul buah ga pake ada daun lagi. Ga ada yang berani makan pisangnya karena berkesan mistis hi hi hi ..............









3 komentar:

  1. inalilahi...
    eta bisa kitunya tangkal cau na...

    berbuah tanpa daun...

    sieun akh sieun.....

    BalasHapus
  2. kunjungi blog saya yua di irlanjaelani.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Silahkan bagi agan agan yang membutuhkan pisang Bagja atau bibit pisang bagja,baik secara tunas alami ataupun kultur jaringan bisa menghubungi.
    Nama : Dedy Zakaria
    Alamat : Cianjur
    No.hp : 0855.2300.555

    BalasHapus

Bunga Rampai

Menggapai kata-kata dalam pencapaian makna perjalanan kehidupan nan fana. Semoga manfaat untuk dunia akhirat.



Blog Rudi Santosa


Terima kasih sudah mau mampir. Seandainya mau copy paste, dipersilakan, asal jangan dibumbui dengan ditambahi atau dikurangi, apa adanya saja. Tolong dituliskan alamat blog ini. Apalagi kalo mau ambil fotonya mohon dapat disebutkan dengan lengkap dan benar sumber foto tersebut. Kalo sudah diedit agar disebutkan dengan jelas bahwa tulisannya sudah diedit. Dengan demikian tanggungjawabnya beralih kepada pengedit tulisan saya. Hak cipta hanya milik Allah Subhanahu wa ta'ala.















Supporters