Senin, 20 Juni 2011

Cara Terbaik Memilih Buah Manggis

Manggis
Biasanya musim manggis selalu mengikuti dan kadang sering berbarengan dengan musim durian. Bisa dipastikan seperti itu. Saya nggak tau persis kenapa bisa begitu. Kayanya sich sudah dari sononya mesti begonoh.

Manggis termasuk pohon keras dan kayunya bisa dijadikan bahan papan. Tapi jarang digunakan karena selain tumbuhnya lama juga banyak getahnya. Sayang juga sich kalo pohon manggis gede-gede masih ditebang juga karena perhitungan ekonomis.
Bayangkan saja dari pohon manggis sekepalan tangan saja kalo lagi musimnya berbuah bisa menghasilkan puluhan buah manggis. Apalagi kalau harganya lagi bagus. Nilai ekonomisnya semakin tinggi.
Dulu, keluarga Ibu saya punya 1 pohon manggis dengan ukuran sangat besar karena umurnya sudah tua. Waktu sekolah SD sering banget naik pohon manggis untuk mencari manggis yang sudah matang. Bergelantungan sampai ke ujung dahan. Saking gedenya tu pohon ga kepeluk jadi buat naeknya mesti tatalepa (tatalepa apa ya bahasa indonesianya? bahasa inggrisnya ada nggak ya?). Naek pohon kecil yang ada di sebelah ujung dahan baru deh merayap lewat dahan itu untuk mencapai pokok pohonnya.
Kalo lagi kebetulan dapet yang sudah mateng, langsung dimakan habis diatas pohon. Padahal sudah diwanti-wanti kalo dapetin yang mateng ga boleh makan diatas pohon karena jadi conto buat sang tupai makan manggis diatas pohon. Ah masa sich ? Dulu mah masih bolon, kagak bisa protes. Tapi sekarang dah ngerti, kalo makan manggis diatas pohon takutnya jatuh, saking keenakan menikmati manggis mateng.
Yang paling parah kalo baju seragam putih kena getahnya, suuuuuuuuusssssssah banget ngilanginnya. Nempel aja tuh si kuning di baju.
Isi buah manggis sering dipake buat tebak-tebakan karena bisa diciriin dari buahnya. Cirinya berbentuk kaya bunga adanya dibawah buah manggis. Kalo bentuk bunganya ada 5 berarti buahnya ada 5 juga.
Kalo pengen punya pohonnya gampang banget, tanem bijinya di pot dan siramin tiap hari. Insya Allah pasti numbuh. Cuma yang jadi masalah, pohon manggis perlu tanah yang agak lapang biar numbuhnya tenang. Udah gitu masa berbuahnya juga lama, perlu kesabaran buat menunggu.
Ada beberapa teman menanyakan cara pilih buah manggis yang paling oke. Saya sebenernya nggak ngerti karena bukan ahlinya. Tapi dari pengalaman bisa dibilang nyari manggis yang mantep mah susah-susah gampang.
Cuma yang paling enak dan bisa dipraktekkan cara milihnya sbb :
  1. Liatin gagang buahnya mesti yang masih seger dan berwarna hijau muda seperti contoh gambar dibawah ini,
  2. Demikian pula tutup buahnya cari yang masih lengkap dan warnanya seperti warna gagang buah,
  3. Sebaiknya pilih buah dengan ukuran yang kecil-kecil saja karena perbandingan buah dengan kulitnya lebih dominan buah, point ini sich tergantung kesenangan penikmat karena ada juga yang senang dengan ukuran buah manggis yang gede gede. Tapi sepanjang pengalaman saya buah gede kulitnya tebal jadi perbandingan antara daging buah dengan kulit buahnya dominan kulit buah. Terserah sich, mau pilih gede ato kecil,
  4. Pilih buah dengan warna ungu tua,
  5. Pijit buahnya dikit dan pilih yang kulitnya lumayan lembek dan mengandung air,
  6. Jangan pilih buah dengan kulit yang sudah keras dan berwarna hitam.
  


















Tapi, sekarang mah untuk pengen buah manggis nggak mesti punya pohonnya. Tinggal beli aja di supermarket atau di pinggir jalan juga banyak yang jajain. Siapin duitnya yang banyak. Minggu kemaren,18062011, sempet beli sekilo masih 10rb.
Pernah iseng-iseng, beli sekilo dipisahin dulu buah sama kulitnya sebelum dimakan. Buahnya 3 ons, kulitnya 7 ons. Perbandingan antara yang bisa dimakan dengan yang nggak bisa dimakan jauh juga. Jadi termasuk buah yang harganya lumayan mahal. Masih lumayan ...... biarin lah daripada lu manyun ..............
Masa sekarang sudah ada penelitian tentang kegunaan dari kulit manggis yang sangat berfaedah sebagai anti kanker. Bahan yang digunakan adalah manggis yang masih muda atau yang sudah matang sekalipun. Silakan explore sendiri untuk membuktikannya. Bagaimanapun manggis memang enak .........


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bunga Rampai

Menggapai kata-kata dalam pencapaian makna perjalanan kehidupan nan fana. Semoga manfaat untuk dunia akhirat.



Blog Rudi Santosa


Terima kasih sudah mau mampir. Seandainya mau copy paste, dipersilakan, asal jangan dibumbui dengan ditambahi atau dikurangi, apa adanya saja. Tolong dituliskan alamat blog ini. Apalagi kalo mau ambil fotonya mohon dapat disebutkan dengan lengkap dan benar sumber foto tersebut. Kalo sudah diedit agar disebutkan dengan jelas bahwa tulisannya sudah diedit. Dengan demikian tanggungjawabnya beralih kepada pengedit tulisan saya. Hak cipta hanya milik Allah Subhanahu wa ta'ala.















Supporters