Senin, 06 Juni 2011

Supa Suung

Yang namanya jamur banyak sekali macamnya. Salah satunya yang bisa dimakan dan selalu dicari-cari adalah jamur hasil produksi rayap di musim hujan. Di Ciamis namanya Supa Suung. Kalau sedang kebetulan mendapat rejeki ketemu dengan jamur yang belum mekar biasanya tempat numbuhnya suka ditandai terlebih dahulu dengan sejenis daun tertentu sehingga orang lain tahu bahwa jamur tersebut sudah ada yang memiliki. Itu cara masa dulu, kalo sekarang nggak tau lagi.
Masa mekarnya bisa selama 2 atau 3 hari dan sesudah itu jika tidak diambil akan membusuk dengan sendirinya. Kalau sudah dipetik, kadang-kadang suka tumbuh lagi. Dahulu agar Supa Suung numbuh lagi, entah iseng atau emang bener, setelah ngambil jamur, bekas galiannya diludahin terus tutup tanah lagi biasanya 2 atau 3 hari kemudian suka muncul jamur baru dengan ukuran yang lebih kecil tapi syaratnya bonggol jamur jangan diambil semua dan ngambil jamurnya sebelum mekar banget berbentuk payung besar, masih kuncup kuncup ketutup lapisan kaya jamur merang itu lhoooooh .......... Aneh sendiri memang kayaknya. Tapi bisa dimengerti juga kenapa bisa numbuh lagi, karena yang produksi hewan rayap yang mungkin merasa kecewa melihat jamurnya terpotong seolah-olah produksinya gagal alias tidak sempurna sehingga rayap berusaha memperbaikinya lagi. Semacam service of satisfaction kali hi hi hi ....... tapi dengan hasil yang lebih berkurang daripada produksi sebelumnya.
Dibawah ini gambar dari rayap yang sudah menjadi laron :





 Terkadang suka sedih kalau ketemu dengan bonggol jamur yang sudah membusuk apalagi besar, sebab biasanya dengan bonggol jamur yang tumbuh besar akan didapatkan jamur yang lebih besar lagi ukurannya. Dengan jamur besar, porsinya bisa untuk makanan orang banyak.
Contoh Supa Suung seperti dibawah ini :








Jamur ini rasanya enak banget seperti daging ayam kampung. Cara pengolahannya juga sederhana, cukup dioseng atau bisa juga dibikin semacam sop. Dari wanginya udah kelihatan tuh perbedaan rasanya dengan jamur yang lainnya. Pas dioseng cukup kasih garam sedikit nggak perlu ditambahin bumbu yang lainnya, sudah sangat nikmat rasanya apalagi kalau dimakannya hangat-hangat dengan nasi pulen campur rendang balado ho ho ho ...................... Waaaaaaah ......... bikin ketagihan.
Sayang sekali untuk nemuin Supa Suung sekarang-sekarang ini sudah merupakan barang yang lumayan langka. Mungkin rayapnya sudah males bikin kali atau resepnya udah lewat karena hanya buat tujuh turunan. Rayap yang sekarang ada udah turunan ke delapan jadi cambal resepnya ha ha ha ........ heureuy itu mah ......yang jelas nggak tahu kenapa kenapanya ........
Gambar dibawah ini sama juga produksi rayap, tapi dalam koloni skala kecil. Kelihatan kan gundukan tanahnya produksi sang rayap?






Rasa jamurnya sama saja dengan Supa Suung cuma ukurannya aja yang lebih kecil. Kalo nemuinnya cuma satu kurang begitu berasa karena buat dimasaknya tanggung tanggung gimana gituh.......
Tapi biasanya untuk jamur seperti ini kalo udah nemuin satu bisa dicari lagi di sekelilingnya pasti dech nemuin lagi beberapa buah. Lumayanlah biar bahan masakannya bisa agak beneran. Untuk jamur kecil ini yang paling afdol masaknya dipepes saja pake surawung sama potongan bawang daun.
Ini bukti bahwa Supa Suung emang bener produksi rayap. Saya coba foto lagi keesokan harinya ada numbuh lagi jamur sejenis dengan ukuran yang relatif lebih kecil dan arahnya lebih naik keatas dari gundukan tanah yang ada.



Dengan berat hati, saya bongkar gundukan sarang rayap yang ada dibawah jamur sejenis supa suung ini dan hasilnya sbb:

 



Yang putih-putih di lubang kecil itu adalah sarang rayap dengan sedikit penduduknya. Ini pabrik untuk memproduksi supa suung seukuran lingkar jamur ketika berbentuk payung selebar 3 cm. Kebayang kan betapa besarnya sarang rayap kalo ukuran jamurnya lebih lebar lagi?

Ini tambahan lagi gambar yang didapetin ketika pulang kampung 30 03 2012. Sengaja mencari Supa Suung ke sekitaran lingkungan tempat tinggal, alhamdulillah dapet juga. Langsung saja check it out :




















14 komentar:

  1. iya sy jg pemburunya di thn 80an,ingin sekali sy mengembang biakan jamur tsb.apakah sama dg cr pd jamur tiram ya?

    BalasHapus
  2. Thanks Jean, ini gambar saya ambil tahun 2010, belum terlalu lama. Khusus jamur ini kayanya susah dikembangbiakan dalam skala produksi karena yang saya tau harus ada bantuan dari rayap. Biasanya supa suung ada di sekitar pemukiman rayap, di tempat lain nggak ada.

    BalasHapus
  3. Mas rudi, saya doyan yan yan yan baget tuh suung/supa. Saya juga disuruh pulang kampung ke majalengka, kata ayah saya lagi musim suung/supa sekali dapat ayah saya minimal 1 kg gram mas. Rasanya emang gurih lezat bgt deh.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Woooow ....... luar biasa, iya sekarang musim hujan biasanya banyak muncul suung bertebaran. Apalagi di Majalengka tanahnya subur gemah ripah loh jinawi. Boleh dong bagi-bagi fotonya........

      Hapus
  4. baru tau hasil produksi rayap, :)
    maklum cuma tau makannya aja :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kemurahan alam dan tentunya rejeki dari Allah SWT melalui perantaraan rayap.

      Hapus
  5. ikh alhamdulilah donk saya baru aja makan mie instan di tambah supa suung 3 yang ukurannya jumbo bgt di tambah irisan cabe rawit...
    mantap bgt,,,

    di lembur pancawati
    kp ciherang satim rt.03 rw.11
    desa pancawati
    kec caringin kab.bogor 16730

    masih sering di temuin supa suung....
    krn lingkungan kami yang masih asli...
    sok aja cek tempat kami dr web di www.lemburpancawati.com

    tong hilapnya.....
    #supasu'ung

    BalasHapus
  6. huaaaah ini kedoyanan aku, ontong2 supa suung 1kg, i biji aja di goreng trus nasinya banyak udah waaw banget, kalo ada pilihan pizza atau supa suung aku pasti pilih supa suung. hahaha....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap, bagus itu buat diversifikasi bahan makanan olahan. Supaya anak-anak muda juga merasakan nikmatnya supa suung.

      Hapus
  7. sedih eung udh 3 minggu ini tiap 2 hari saya nemuin supa suung yg besar di bawah pohon awi,kalo di itung" sudah dpt 17 tapi skrg udh gak tumbuh lagi udh seminggu di tengok gk ada yg kluar lagi kyk ea tamat hehe
    nemu supa suung bagaikn nemu emas hehe senang bkn main,krna rasanya nikmat bgt gk bakalan ada di pasaran mah.

    BalasHapus
  8. Saya baru Nemu nich supa suung senang bageeet

    BalasHapus
  9. Dilembur saya mah udah langka supa suung teh 😢

    BalasHapus
  10. tapi pernah ga genkz... nemu su'ung di sawah atau di kebon 1 aja... itu seneng'y melebihi nemu uang 100rb di jalan... terus meski suungnya dapat 1 di masaknya pake air setimba.. biar serumah kebagian... ngucumplang heheh kalo pernah berarti orang kampung sejati heheh

    BalasHapus

Bunga Rampai

Menggapai kata-kata dalam pencapaian makna perjalanan kehidupan nan fana. Semoga manfaat untuk dunia akhirat.



Blog Rudi Santosa


Terima kasih sudah mau mampir. Seandainya mau copy paste, dipersilakan, asal jangan dibumbui dengan ditambahi atau dikurangi, apa adanya saja. Tolong dituliskan alamat blog ini. Apalagi kalo mau ambil fotonya mohon dapat disebutkan dengan lengkap dan benar sumber foto tersebut. Kalo sudah diedit agar disebutkan dengan jelas bahwa tulisannya sudah diedit. Dengan demikian tanggungjawabnya beralih kepada pengedit tulisan saya. Hak cipta hanya milik Allah Subhanahu wa ta'ala.















Supporters