Rabu, 01 Juni 2011

Liwet


Nasi liwet makanan cepat saji versi anak kost Sunda - Indonesia
Porsi makan untuk 2 orang.

Bahan-bahan yang digunakan :

1 gelas beras, ukurannya pake gelas belimbing yang isinya 200 cc
1 potong ikan peda merah
1 ruas bawang daun dipotong kecil-kecil
5 buah cabe rawit
3 siung bawang merah dipotong-potong halus
1 potong kecil bawang putih dikeprek halus
1 potong kecil laos dikeprek kasar
1 ruas sereh wangi dikeprek kasar
2 lembar daun salam diremas-remas
1 sendok minyak goreng atau margarin
1 sendok kecil (sendok es krim cup kecil) garam
1 lembar daun pisang muda seukuran panci atau penggorengan

Cara masak :

Bersihkan beras dan dikasih air ukuran sebuku jari telunjuk tengah kurang lebih tingginya 1.5 cm setelah beras diratakan permukaannya.
Masukkan minyak goreng atau margarin, garam, salam, sereh, laos, bawang putih, bawang merah sekaligus.
Masak dengan api kecil sambil sesekali diaduk-aduk. Perhatikan airnya, jika tinggal sedikit, tanda yang bisa dilihat dari permukaan beras yang dimasak airnya tinggal hanya keluar gelembung-gelembung air saja. Apinya semakin dikecilkan, jangan sampai mati, dan segera masukkan ikan peda merah, bawang daun, dan cabe rawit diatas nasi, lanjut tutup dengan daun pisang muda terus tutup lagi dengan tutup panci atau penggorengan. Diamkan dengan api kecil sekitar 10 s.d 15 menit agar nasi matang. Jika ingin ada keraknya, sekira 1 menit kasih api yang agak gede dikit.

Cara makannya
Ha ha ha ................................ yang ini mah terserah gimana aja boleh, yang penting sesuai kaidah cara makan memakan yang baik dan benar. Berdo'a dulu sebelum makan : bismillahirahmanirahim allahuma baariklana fimma rojaktana waqina adzabanaar.
Insya Allah akan sangat nikmat banget makannya jika sudah sangat lapar.

Insya Allah minggu besok atau besoknya lagi atau besoknya lagi dah, dilanjutin, ta tambahin fotonya.

Ini dia tambahan fotonya berurutan mulai dari bahan sampai hasil pembuatan.
Silakan dimodifikasi baik bahan maupun pembuatannya.
Selamat menikmati.....

Panci atau penggorengan bisa digunakan. Yang paling lazim digunakan untuk membuat nasi liwet namanya Kastrol terbuat dari alumunium bentuknya bunder, kapasitasnya bervariasi. Belum sempat beli sich, padahal harganya nggak terlalu mahal 40ribu juga ada bahkan kalo bisa nawarnya bisa lebih murah lagi.

Gelas belimbing atau gelas apa saja ukuran 200 mili dapat digunakan dan gelasnya diisi penuh. Kalo mau ngitungin jumlah berasnya boleh boleh saja ada 2011 butir. Ga percaya? Itung aja sendiri.



Naaaaaaaaah ........... kalo dibawah ini, cara mengukur ketinggian air untuk bikin nasi liwet. Pertamanya ratain dulu tuh permukaan beras yang dicemplungin ke air. Setelah rata, ukuran tinggi air sekitar 1.5 cm atau sebuku jari. Saya paling yakin kalo telunjuk sudah dicelupin seperti ini nich :


Bumbu-bumbunya seperti itu tuh ada bawang merah, bawang putih, bawang daun, sereh, langkoas etc. Semuanya disiapkan sebelum memasak


Dan ini yang jangan lupa, kasih minyak atau margarin sebelum dimasak, sesendok dua sendok cukuplah. Kalo sekilo dua kilo mah kebanyakan, emang mau goreng beras?

Tanda-tanda mengecilkan api kalo sudah seperti ini nich bentuknya, airnya udah mulai saat bunyinya udah pating kerecek. Buru buru dech kecilin apinya biar ga kehangusan. Boleh diaduk aduk juga berasnya biar merata kematangannya


Lanjut tarohin makanan pelengkapnya : ikan asin peda merah, cabe rawit, bawang daun, boleh juga kalo demen telor kukus ditarohin telor, biasanya setengah mateng jadinya ato kadang-kadang pecah .......


Apinya sekecil ini nich kira-kira. Ini kebetulan pake kompor gas. Kalo pake kompor minyak tanah sama juga sekecil ini juga. Kalo pake hawu suluhna dikaluarkeun antepkeun wae ngasakkeunna mah make areng panasna tos cekap.


Siapin tutupannya pake daun pisang. Bagus kalo pake daun pisang batu, ada wangi yang berbeda. Punya ga daun pisangnya? Kalo ga punya cukup pake tutup panci aja. Setelah ditutup daun pisang baru dech ditutup pake tutupan panci. Ada juga yang seneng daun-daunan (sayuran maksudnya) pas ngasih tutupnya pake daun pace, daun pepaya, atau daun capcay. Yang belum pernah denger sich nutup beras liwet pake daun jendela apalagi daun pintu.
Parah dech ...........



Tararam ....... alhamdulillah setelah kurang lebih 10 s.d 15 menit nasinya sudah jadi. Liatin tuh pedanya sudah meresap ke bawah. Bagian itu tuh yang paling enak


Naaaaaaaaaah ..... ini dia, tinggal disantap. Saya paling demen kalo ada kerak-keraknya. Itu tuh yang warnanya agak kecoklatan karena gosong sedikit. Mangga mangga dilajengkeun.
Lebih afdol lagi kalo ada pete mau dibakar dulu ato dimakan apa adanya boleh boleh saja. Pedo pisan. Sayang saya mah udah lama ga makan pete karena udah harus menghindari, maklum dah tua. Beberapa kenikmatan sudah dicabut oleh Yang Maha Kuasa.
Sok lah ........... Selamat Menikmati.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bunga Rampai

Menggapai kata-kata dalam pencapaian makna perjalanan kehidupan nan fana. Semoga manfaat untuk dunia akhirat.



Blog Rudi Santosa


Terima kasih sudah mau mampir. Seandainya mau copy paste, dipersilakan, asal jangan dibumbui dengan ditambahi atau dikurangi, apa adanya saja. Tolong dituliskan alamat blog ini. Apalagi kalo mau ambil fotonya mohon dapat disebutkan dengan lengkap dan benar sumber foto tersebut. Kalo sudah diedit agar disebutkan dengan jelas bahwa tulisannya sudah diedit. Dengan demikian tanggungjawabnya beralih kepada pengedit tulisan saya. Hak cipta hanya milik Allah Subhanahu wa ta'ala.















Supporters