Minggu, 04 Desember 2011

Informasi Teknologi

Perkembangan kemajuan bidang informasi teknologi sangat cepat sekali. Semuanya berlangsung dengan sangat cepat bahkan melebihi prediksi para pakar karena semakin banyak penemuan semacam shortcut yang membuat perkembangan bidang ini begitu mencengangkan.
Semakin hari semakin banyak para pakar yang mengurusi secara khusus bidang informasi teknologi sesuai dengan keilmuannya. Keberadaan para pakar ini membuat masyarakat semakin melek informasi terutama berkaitan dengan bidang teknologi informasi karena kemunculan mereka dapat dengan mudah dilihat di berbagai mass media dalam berbagai macam cara penyelesaian masalah yang sedang dihadapi terutama masalah-masalah kemasyarakatan yang menarik minat para pemerhati berita.
Salah satu contoh tentang beredarnya video Ariel Peterpan yang mengguncang alam sadar masyarakat Indonesia tentang perlunya moral yang sesuai kaidah tata hidup bermasyarakat yang benar. Banyak para ahli informasi teknologi yang tampil menjelaskan tentang kebenaran video tersebut. Mereka melakukan analisa dari sisi yang independen tentang data video yang tampil secara mendunia tersebut. Hasilnya dapat dipastikan bahwa video tersebut asli dan benar adanya. Ceritanya berlanjut sehingga semua pihak mendapatkan penjelasan yang berimbang. Masalah ranah hukumnya itu urusan pakar yang lain. Akan lain ceritanya jika tidak ada para ahli teknologi informasi yang dapat memberikan masukan tentang video tersebut. Bisa saja para pelakunya tidak akan terungkap karena tidak ada pendukung baik tentang data awal pembuatan maupun tentang cara penyebarannya.
Itu  salah satu contoh atau sebagian kecil dari kegunaan teknologi informasi yang dapat menguraikan suatu masalah menjadi hal yang dapat dilihat secara lugas dan proporsional sehingga penanganan masalahnya menjadi lebih dapat dipertanggungjawabkan.
Selain itu dengan adanya teknologi informasi seperti ini adalah kecepatan dari informasi yang ditampilkan bukan dalam hitungan harian atau bulanan lagi sudah hitungan detik yang membuat informasi semakin gampang didapatkan. Jika dulu orang berkirim surat ke luar negeri memerlukan waktu yang lama dan biaya yang tidak sedikit, maka sekarang dengan adanya informasi teknologi hanya dalam hitungan detik surat yang berisi macam-macam data dapat dengan mudah sampai kemana saja ke seluruh dunia. Dengan biaya yang jauh lebih murah, super murah. Tidak perlu disangsikan lagi bahwa ngobrol langsung bertatap muka pun dengan orang di berbagai belahan dunia dapat dilakukan dengan jelas dan tepat.
Setiap kemajuan ada sisi negatifnya, dengan kemudahan yang didapatkan oleh individu dengan beraneka ragam tujuan. Hal-hal yang dulunya tabu dapat dengan mudah diakses oleh semua individu tidak ada batasan umur asal sedikit melek teknologi informasi saja sudah sangat cukup untuk melihat hal apapun di internet. Apalagi dengan adanya aplikasi browser yang semakin lama semakin dipermudah tampilannya. Mau perlu data apapun bisa didapatkan. Ini yang membuat miris, saya pernah melihat warnet yang dipenuhi anak kecil yang sedang bermain game, ternyata tidak semuanya main game karena ada beberapa anak yang sedang browsing sesuatu yang seharusnya tidak pantas mereka lihat. Luar biasa, tidak ada pengawasan sama sekali, bahkan penjaga warnetnya pun ikut menonton pertunjukan tersebut sambil ketawa ketiwi. Menyedihkan sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bunga Rampai

Menggapai kata-kata dalam pencapaian makna perjalanan kehidupan nan fana. Semoga manfaat untuk dunia akhirat.



Blog Rudi Santosa


Terima kasih sudah mau mampir. Seandainya mau copy paste, dipersilakan, asal jangan dibumbui dengan ditambahi atau dikurangi, apa adanya saja. Tolong dituliskan alamat blog ini. Apalagi kalo mau ambil fotonya mohon dapat disebutkan dengan lengkap dan benar sumber foto tersebut. Kalo sudah diedit agar disebutkan dengan jelas bahwa tulisannya sudah diedit. Dengan demikian tanggungjawabnya beralih kepada pengedit tulisan saya. Hak cipta hanya milik Allah Subhanahu wa ta'ala.















Supporters