Rabu, 07 Desember 2011

Facebook

Facebook, satu fenomena yang mendunia.
Saya tidak perlu membahasnya karena sudah sangat banyak tulisan yang mengangkat tema ini sampai ke akarnya baik dalam bahasa indonesia maupun dalam bahasa asing.
Saya hanya ingin mengungkapkan apa yang telah saya alami dengan facebook.
Sebagai mantan orang IT saya sudah terbiasa berkomunikasi melalui sarana IT. Pada saat kemunculan facebook ada semacam euphoria sebagaimana hal masuknya telepon genggam di ranah bermasyarakat. Ada yang dengan keras menentang ada yang dengan sukarela bergabung mengikuti perkembangan. Saya sendiri langsung mencoba aplikasi tersebut tentu saja dengan menggunakan email dadakan dan data-data sembarangan yang penting asal masuk saja karena niatnya sekedar browsing untuk mengetahui kapasitas aplikasi yang digunakan. Karena sarana internet hanya memakai dial up tentu saja akses ke facebook sangat lambat. Hal ini sangat menyulitkan sehingga harus berusaha login pada malam hari sekira jam 11 malam sampai jam 4 subuh. Hal yang sangat gampang disiasati karena kebetulan sambil iseng ngerjain proses billing.
Ternyata facebook bagus aplikasinya dengan berbagai macam fitur yang menurut saya sudah sangat cukup.
Tapi dibalik bagusnya aplikasi, ada mudharat yang sama sekali tidak disentuh. Kegampangan yang membuat gamang. Apakah itu?
Masa sekarang, karena semakin mudahnya orang mendapatkan informasi, informasi yang ada tidak dibendung dengan sebenar-benarnya batasan. Anak kecil sekalipun yang sudah pernah browsing internet dapat dengan mudah mendapatkan informasi yang sudah sangat jelas tidak diperlukannya bahkan kemungkinan akan mengganggu masa kecilnya. Dan hal ini akan menjadikan anak kecil itu ketakutan pada sesuatu hal yang sebenarnya tidak perlu ditakutkan. Sayangnya hal itu ditanamkan sejak masa sekecil-kecilnya.
Fasilitas pencarian di Facebook hampir mirip dengan fasilitas sejenis pada browser yang ada di dunia maya. Dengan hanya mengetik nama atau kalimat, pengguna dapat dengan mendapatkan hasil yang diinginkan baik berbentuk halaman web atau foto para pengguna facebook. Memang fasilitas ini sangat membantu bagi orang yang berniat mencari
Next time lah ............... udah sore nich .......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bunga Rampai

Menggapai kata-kata dalam pencapaian makna perjalanan kehidupan nan fana. Semoga manfaat untuk dunia akhirat.



Blog Rudi Santosa


Terima kasih sudah mau mampir. Seandainya mau copy paste, dipersilakan, asal jangan dibumbui dengan ditambahi atau dikurangi, apa adanya saja. Tolong dituliskan alamat blog ini. Apalagi kalo mau ambil fotonya mohon dapat disebutkan dengan lengkap dan benar sumber foto tersebut. Kalo sudah diedit agar disebutkan dengan jelas bahwa tulisannya sudah diedit. Dengan demikian tanggungjawabnya beralih kepada pengedit tulisan saya. Hak cipta hanya milik Allah Subhanahu wa ta'ala.















Supporters