Kamis, 08 September 2011

Ikan Gabus

Ikan gabus emang ikan hebat. Ikan ini mampu bertahan hidup walaupun lingkungan tempat hidupnya mengandung sedikit air.
Gabus di wewengkon sunda disebut juga boncel, bogo. Denger namanya gabus tuh sejak tinggal di jakarta saja. Kalo di Ciamis sering banget nangkepin ikan ini di pinggir sawah atau di pinggir situ hiang. Katanya ikan ini juga bisa buat ngobatin bobogoeun semacam panu menahun di wajah atau badan. Caranya tinggal gosok2in lendir yang ada di kepala ikan ke lokasi panuan. Sembuh tuh ...... Saya pernah juga ngambilin anak-anak boncel sebesar pentol korek api dari situ hiang, banyak banget dan gampang ngambilnya karena mereka bergerombol seperti rombongan bebek ngikutin jantannya, terus tuh anak ikan ditanem di balong. Yang pasti naneminnya nggak bilang2 sama orang tua. Pada saat ngabedahkeun, si boncel sudah gede luar biasa, segede paha anak setaunan, 2 atau 3 kiloan satu ekor. Ikan yang lain yang ditanam di balong itu tinggal sedikit banget karena jadi mangsa si boncel. Otomatis diomelin sama orang tua. Ngaruksak sich ........
Waktu main ke daerah Sepatan, di pinggir saluran air yang banyak tumbuhan airnya seperti eceng gondok atau kangkung air juga banyak banget anak-anak bogo berkeliaran. Alhamdulillah bisa bedain mana anak bogo mana impun dari bentuk badannya. Kalo bogo yang udah agak gedean sebesar jempol kaki adanya di sekitar sawah di sela-sela kubangan kecil. Lebih lincah karena saat mau ditangkap bisa ngaclok ajol-ajolan seperti loncat. Yang lebih gedean lagi hidup di saluran air dan masuk ke lubang-lubang yang ada. Lebih sulit nangkepnya karena takut di lubangnya ada ular.
Saya pernah membeli ikan gabus untuk diolah menjadi ikan gabus bumbu picung. Beli dari pasar Ciledug, nggak setiap hari ada itu juga karena termasuk ikan langka. Sekalinya ada yang beli borongan 10 kilo sekaligus, harganya lebih mahal dari gurame atau ikan mas, selisih 5000 an lebih. Karena kebanyakan belinya, ikan tersebut selama beberapa hari ditaroh di ember saja dan ditutupin pake ram kawat. Anak-anak seneng banget ngeliatin ikan gabus apalagi sekali-sekali si ikan nongol ke permukaan mencari oksigen. Dikasih makannya pake pelet pakan ikan mas koki, doyan juga tuh. Tapi keliatan agak mabok karena anak-anak ngasihnya kebanyakan. Kalo udah begitu ya udah airnya diganti total. Di alam liar ikan gabus bisa saja memakan ikan-ikan kecil dan kecebong, tapi di ember nggak berani dia makan ikan2 kecil walaupun banyak berseliweran. Saya memang sengaja beli ikan-ikan kecil bangsanya impun, ikan hias yang berwarna-warni untuk diliatin sama anak-anak.
Suatu malem kebetulan lupa embernya nggak ditutupin ram, kirain biasa aja nggak bakalan kejadian apa-apa. Saya tidur tanpa ada prasangka apapun. Pules seperti biasanya. Eh ...... malem2 sekira jam 11 an, anak saya denger seperti ada yang loncat-loncat di dapur, berisik banget. Sayang, dia nggak berani nengok karena takut ada apa-apa.
Sebelum subuh, istri saya cerita nggak berani ke kamar mandi deket dapur karena ada ular, gede banget. Saya kaget, masa sich ada ular masuk kamer mandi. Segera bangun dan dengan ati-ati buka pintu kamer mandi. Ternyata ikan gabus yang sisiknya sudah mulai mengering karena kelamaan nggak kena air. Kemungkinan lolos dari ember ikan nyari sumber air, dan emang pinter sekali atau karena penciumannya menunjukkan sumber air ada di kamar mandi dia menggeserkan badannya ke arah kamar mandi. Kalo loncat sich kayanya ga bisa karena ga ada kakinya. Yang bikin saya kagum ke ikan ini, jarak dari dapur ke kamar mandi sekitar 8 meteran dan bisa masuk dengan tepat padahal pintu tertutup, nggak begitu rapat sich, ada kebuka sekitar 4 senti an. Mungkin nyasar-nyasar dulu soalnya bau amis dan bekas lendirnya banyak banget di lantai. Bau amisnya nggak hilang biarpun sudah dipel berkali-kali pake karbol. Hilangnya setelah nyalain kipas angin gede kecepatan 3 dan dipel dengan air karbol kental. Pegel dech .........
Pada saat dilihat, si ikan sudah diem nggak bergerak, sisiknya sudah kering banget nggak ada lendirnya sedikitpun, kirain dah mati karena dehidrasi, eh, begitu dipindahin ke ember, secara serta merta si ikan berenang kembali dengan riang gembira seolah-olah nggak ada kejadian apa-apa. Padahal kemungkinan besar ikan tersebut nggak kena air sekitar selama 8 jam. Bukan main, si ikan pun langsung makan dengan lahapnya, capluk .... capluk ...... capluk ...... blem blem blem ...... laper berat dia.
Makanya pada saat eksekusi untuk pembuatan gabus picung, saya agak ragu juga buat melakukannya karena terkenang akan kelakuan si ikan gabus. Kayanya ikan ini perlu diberikan penghargaan setinggi-tingginya buat keberanian dan kekuatannya. hi hi hi ............ boleh kan ngasih jempol dua buat mereka?
Beda banget emang rasanya sama ikan-ikan bangsawan seperti mas, gurame. Ikan gabus lebih berasa alur seratnya dan leuwih peungkeur. Pedo lah kalo dimasak dengan picung, lebih pas rasanya, apalagi sebelumnya digoreng, gorengnya nggak terlalu mateng, sekedar goreng aja ngilangin lendir yang menempel. Mhantahap bangetss ..........
Tapi sejak itu saya lebih prefer beli aja dech kalo kepengen gabus picung mah, ke restoran khas betawi, sebagai penghargaan kepada sang gabus.
Fotonya mana ya?
Resep gabus picungnya ada sich .... termasuk resep rahasia tujuh turunan. Tapi sekarang sudah nggak rahasia lagi karena saya turunan ke delapan ........ ha ha ha ............
Ntaran ah ditulisnya sambil nambahin foto biar lebih marem.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bunga Rampai

Menggapai kata-kata dalam pencapaian makna perjalanan kehidupan nan fana. Semoga manfaat untuk dunia akhirat.



Blog Rudi Santosa


Terima kasih sudah mau mampir. Seandainya mau copy paste, dipersilakan, asal jangan dibumbui dengan ditambahi atau dikurangi, apa adanya saja. Tolong dituliskan alamat blog ini. Apalagi kalo mau ambil fotonya mohon dapat disebutkan dengan lengkap dan benar sumber foto tersebut. Kalo sudah diedit agar disebutkan dengan jelas bahwa tulisannya sudah diedit. Dengan demikian tanggungjawabnya beralih kepada pengedit tulisan saya. Hak cipta hanya milik Allah Subhanahu wa ta'ala.















Supporters