Jumat, 09 September 2011

Chatting

Chatting adalah fasilitas pada website saat berkomunikasi dengan orang lain melalui ketikan yang seolah-olah seperti obrolan dimanapun lokasinya berada. Tentu saja jika ingin melakukan chatting harus tersambung ke internet, ini syarat utamanya. Tanpa koneksi internet bisa juga dilakukan dengan melalui koneksi WAN atau LAN. Jika dengan internet,
chatting dapat dilakukan dengan seluruh orang yang terhubung dengan internet di seluruh dunia. Namun jika dengan koneksi WAN atau LAN hanya mencapai lingkungan WAN atau LAN saja. Ingat, ini catatan pentingnya, dengan asumsi WAN atau LAN nya yang juga tidak terkoneksi dengan internet.
Naon atuh ari LAN atau WAN ? Cek aja di Google cari penjelasan detailnya, banyak koq .......
Ketika komunikasi hanya dilakukan melalui WAN atau LAN saja, kemungkinan pembahasan dalam chatting hanya sebatas ruang lingkup pekerjaan atau hal-hal yang umum-umum saja. Dapat dimaklumi karena kita terhubung hanya dengan lingkungan yang telah kita kenal, bahkan orangnya pun sudah kita kenal. Bisa saja orang yang chatting adalah atasan kita. Maka pasti pembahasan masalahnya pun tidak jauh dari pekerjaan. Jikapun ada hal-hal khusus kemungkinan besar karena memang sudah ada komunikasi intens sebelumnya. Biasalah witing tresno lantaran soko kulino. Chatting sambil ta'aruf. Emang bisa?
Adapun ketika komunikasi sudah tidak terbatasi oleh lingkungan kerja, sudah terbuka kemana-mana. Kemungkinan chatting bisa membahas segala jenis hal yang perlu maupun tidak perlu, yang saru dan tabu tabu semuanya bisa dibahas. Ga bisa memang tiba-tiba langsung bahas tanpa ada awalnya. Biasanya ada yang berfungsi sebagai administrator dalam membahas sesuatu kalau bentuk chattingnya keroyokan. Tapi kalo berduaan biasanya ada semacam perkenalan dan tulisan pancingan mengarah kepada hil hil mustahal. Kalo sudah larut sedikit saja, hal-hal apapun bisa dibahas dan ujung-ujungnya ketemuan face to face. Nggak bisa dihindari hal ini, antar lawan jenis terutama, apalagi kalo orangnya seneng berteman, seneng bersahabat, sedang mencari lawan jenis, sedang ada bisnis, seneng kongkow, demen cari cari sensasi dan berbagai jenis alasan-alasan sebagai pembenaran. Heug wae lah kuma dinya moal ngahalang-halang geus galede ieuh geus pada boga tanggung jawab masing-masing. 
Ada beberapa kosa kata dalam chatting yang artinya sedikit melenceng alias berbeda dengan  arti sebenarnya dan ini hanya terjadi didalam dunia chatting, contohnya sbb:

A/S/L Age/sex/Location
AFAIC As Far As I'm Concerned
AFAIK As Far As I Know
AFK Away From Keyboard
AMBW All My Best Wishes
ASAP As Soon As Possible
AYSOS Are You Stupid Or Something
B4 Before
B4N Bye For Now
BBN Bye Bye Now
BTSOOM Beast the S**t Out Of Me
BTW By The Way
BYOH Bat you Onna Head
CIO Check It Out
CUL8R See You Later
DKDC Don't Know Don't care
Eg Evil grin
EOM End Of Message
FYI For Your Information
GL Good Luck
GTGB Got To Go Bye
GBU God Bless You
H Hug
BH Big Hug
IMHO In My Humble Opinion
K Kiss
LOL Laughing Out Loud
MOTOS Members Of The Opposite Sex
OBTW Oh, By The Way
sSi stop SHOUTING, idiot !
BRB Be Right Back
CU See You
CUL See You Later
BBL Be Back Later
BOUT About
COZ Because
Dunno Don't Know
F2F Face to Face
FWIW For What Is Worth
GA Go Ahead
GBH Great Back Hug
HHOJ Ha Ha Only Joking
Howya How Are You
IDK I Don't Know
JK Just Kidding
Jeself Your Self
L8R Later
Neva Never
OBO Or Best Offer
OIC Oh I See
OOT Out Of  Topic
Pic Picture / photo
ROTFL Rolling On The Floor Laughing
RTFM Read The Fu*ed Manual
TIA Thanks In Advance
TTFN Ta Ta For Now
Werya Where Are You
WYSIWYG What You See Is What You Get
Ya You
Yup / Yes Yes

Kalo macam singkatan itu mah asalnya kan dari bahasa inggris, secara orang yang sudah familiar bahasa inggris pasti cepat mengerti dan bisa meraba-raba singkatan katanya.
Nah kalo dalam bahasa indonesia ada lagi, tapi kosa-kata yang saya ingat cuma beberapa aja, kalo sekarang 2011 mulainya bisa disebut bahasa alay. Ini contohnya : t4 alias tempat, b3 alias bertiga, se7 alias setuju. Contoh kan sedikit aja, barangkali ada yang mau nambahin boleh, cung ngacung aja atau kasih komengs di komentar.
Kalau untuk chatting dengan teman seperjuangan seangkatan setempat kerja ada beberapa kata yang juga familiar diketikkan pada saat chatting. Arti dengan kata sebenarnya sangat jauh berbeda kadang-kadang sering membuat orang jengah terkaget kaget karena artinya koq beda pisan. Contohnya yang paling sering adalah kata setubuh (SETUju Banget sepenUHnya). 
Bagi Kalo Buat yang sudah terbiasa chatting mah nggak bakalan kaget karena istilah kata udah tst (tahu sama tempe). Ngartos lah .......... kalo orangnya baru baca saat itu juga mungkin reaksinya beraneka ragam dan warna. Naaaaah  .......... ini perlu menjelaskan secara artinya secara jelas bahwa yang dimaksud kata setubuh disitu bukan melakukan hubungan yang dilarang agama dan darigama namun setuju, bersamaan pendapatnya dengan yang dikatakan orang tersebut saat chatting. Hati2 wae pokoknya, mesti lihat lihat SItuasi KONdisi PANdangan TOLeransi BARcodenya dan JANGkauannya LEkukannya. Naaaah ....... ini juga kalo orang ngeres mah dah pikasebeleun waeh ......... sorry boss jangan marah .... heureuy sunda tea pikaresepeun.
Perkembangan chatting memang sangat mencengangkan, berkat dukungan teknologi informasi yang bergerak super cepat. Hal ini menimbulkan banyak sekali keuntungan yang didapat. Misal sebuah keluarga yang tinggal di Indonesia dan memiliki keluarga yang tinggal di Canada. Jika biasanya memerlukan dana lebih besar untuk menghubungi sanak keluarganya melalui telpon internasional. Maka dengan chatting komunikasi bisa dilakukan dengan lebih murah dan bisa langsung bertatap muka melalui layar komputer dengan menggunakan fasilitas yang ada pada aplikasi chatting. Syaratnya komputer mesti harus tersambung ke internet.
Tahun 1994 pertengahan memasuki awal 1995 saya sudah mempunyai kesempatan untuk melakukan chatting dengan difasilitasi modem Hayes Compatible untuk menyelesaikan pekerjaan. Chatting dilakukan melalui jaringan telepon dan masalah yang dibahas adalah masalah pekerjaan. Menggunakan DOS Prompt dengan tampilan black and white. Hanya teks saja yang bisa ditampilkan, sama modelnya bersambung cerita, tapi hanya teks saja. Sampe bosen berat karena keterbatasan tampilan dan seringkali hang karena putus telepon.
Semakin kesini, fasilitas aplikasi chatting semakin berkembang. Aplikasi yang paling sering dipakai karena gampang digunakan diantaranya : Skype dan Borgchat. Ini aplikasi tahun 2000 an keatas hadirnya.
Pake skype bisa chatting dengan seluruh dunia, pernah saya chatting dengan orang beraneka warga negara di seluruh dunia : Russia, Belanda, Suriname, India, Afrika Selatan dll. Biasalah pake bahasa seketemunya. Lha saya tahu dobro jutro, asante sana dari hasil chatting. Kesininya sich sebagai pengembangan ternyata ada aplikasi untuk menterjemahkan dari satu bahasa ke berbagai bahasa lainnya. Tapi nggak begitu canggih kalo menurut saya karena terjemahannya nggak sama persis dengan keadaan sebenarnya. Lhah ini bahasannya ga nyambung yaaa? Apa coba hubungannya antara chatting dengan terjemahan? Ada sich hubungannya sangat erat ha ha ha ....... dengan chatting ke berbagai macam orang dari berbagai macam negara tentu saja ada tambahan ilmu pengetahuan terutama dari sisi bahasanya. Ya itu salah satu mangpaatna.
Sedangkan Borgchat lebih cenderung digunakan pada LAN dan WAN karena langsung menunjuk IP Address. Ini juga mesti ada semacam Lurahnya sebagai pengatur dan publikator dari segala macam kelengkapan di Borgchat. Ditinjau dari sisi keamanannya, bagi para administrator terutama, lebih aman menggunakan Borgchat jika dibandingkan dengan Skype karena dengan Borgchat chatting bisa dilacak lebih detail dan ada log filenya ini jika log filenya tidak dihapus user. Dan melacaknya pun gampang banget bisa dilakukan secara pasti berdasarkan alamat ip addressnya, ini juga kalau ip addressnya ga diubah ama user. Tidak semua orang bisa melakukan chatting melalui Borgchat jika tidak terhubung di LAN ataupun di WAN. Ingat ..... keuntungannya LAN/WAN nya tidak harus terhubung ke Internet. Dibawah ini contoh daripada yang sebagaimananya tampilan daripada Borgchat :

                          
haduh rada lieur geuning 

2 komentar:

Bunga Rampai

Menggapai kata-kata dalam pencapaian makna perjalanan kehidupan nan fana. Semoga manfaat untuk dunia akhirat.



Blog Rudi Santosa


Terima kasih sudah mau mampir. Seandainya mau copy paste, dipersilakan, asal jangan dibumbui dengan ditambahi atau dikurangi, apa adanya saja. Tolong dituliskan alamat blog ini. Apalagi kalo mau ambil fotonya mohon dapat disebutkan dengan lengkap dan benar sumber foto tersebut. Kalo sudah diedit agar disebutkan dengan jelas bahwa tulisannya sudah diedit. Dengan demikian tanggungjawabnya beralih kepada pengedit tulisan saya. Hak cipta hanya milik Allah Subhanahu wa ta'ala.















Supporters