Selasa, 08 November 2011

Ikan Seluang

Ikan Seluang termasuk spesies Rasbora spp. Ikan ini habitatnya di Indonesia. Yang saya tahu paling banyak hidup di Banjarmasin kenapa? Emang taunya cuma segitu he he he...... Lah kenapa kalo taunya cuma segitu koq beraninya bikin blog tentang ikan seluang? Penasaran jawabannya?

Ikan seluang itu ikan yang hidup di wilayah perairan tawar negara di negara-negara Asean Menurut saya yang banyak sekali terdapat di negara Indonesia, mungkin banyak juga di Malaysia atau di Brunei Darussalam. Ini juga kata teman yang tahu tentang hal ini. Dikerucutkan jawabannya menjadi paling banyak hidup di Banjarmasin dan telah menjadi makanan khas Banjarmasin. Ada dibuat semacam kering ikan yang sudah dibungkus rapi tinggal beli sebagai oleh-oleh khas Banjarmasin.
Minggu kemarin dapet oleh-oleh ikan ini dari teman asli Banjarmasin. Kebetulan beliau habis cuti ada acara haul orang tuanya disana. Gambar ikannya sbb :





Sudah jadi makanan siap saji dan tinggal nyam nyam nyam. Dimakannya bareng nasi hangat plus saos pedas. Enak dech ....... anak saya yang kecil yang biasanya susah kalau makan ikan kering goreng dikasih coba sedikit minta nambah banyak karena rasanya yang gurih dan nikmat. Saya nggak tau persis cara ngolahnya cuma bayangan saya alangkah rajinnya para pembuat goreng ikan seluang ini karena pasti proses memasaknya memerlukan waktu yang lama terutama saat pembersihan ikan yang ukurannya nggak terlalu pendek. Kebayang alangkah leukleuknya buat ngerawatin ini ikan sampai menjadi gorengan yang sedemikian nikmatnya. Salut untuk mereka yang telah berupaya menghasilkan makanan ini. Nikmat banget Pa Bu ....... Terima kasih.
Tidak bisa dibandingkan rasanya dengan ikan bilis dari Sumatera atau ikan beunteur dari Jawa Barat. Masing-masing mempunyai citarasa yang khas dan sangat berbeda. Ini menurut saya pengalamanmu bagaimana? Silakan cobain sendiri  ...........


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bunga Rampai

Menggapai kata-kata dalam pencapaian makna perjalanan kehidupan nan fana. Semoga manfaat untuk dunia akhirat.



Blog Rudi Santosa


Terima kasih sudah mau mampir. Seandainya mau copy paste, dipersilakan, asal jangan dibumbui dengan ditambahi atau dikurangi, apa adanya saja. Tolong dituliskan alamat blog ini. Apalagi kalo mau ambil fotonya mohon dapat disebutkan dengan lengkap dan benar sumber foto tersebut. Kalo sudah diedit agar disebutkan dengan jelas bahwa tulisannya sudah diedit. Dengan demikian tanggungjawabnya beralih kepada pengedit tulisan saya. Hak cipta hanya milik Allah Subhanahu wa ta'ala.















Supporters