Minggu, 07 Agustus 2011

Jam Gadang

Jam Gadang itulah sebutannya. Landmark atau Iconnya Bukittinggi. Jam Gadang berada di Taman Sabai Nan Aluih - Kota Bukittinggi. Kalo disebut berhadap-hadapan, bisa jadi berhadapan dengan Istana Bung Hatta. Tempatnya strategis karena ada di pusat kota.
 Lokasinya memberikan inspirasi yang segar. Setiap ke sana pasti ada nuansa baru yang berbeda. Tidak pernah ada perasaan bosan atau jenuh. Banyak ragam kegiatan yang bisa dilakukan, sekedar jalan-jalan atau kalau bawa duit lebih bisa belanja di Plaza Bukittinggi yang berada persis di sebelahnya. Barang-barang yang dijual di Plaza tersebut berkualitas bagus dan enaknya bisa ditawar serta para penjualnya ramah-ramah khas orang Minang. Kalau mau ke pasar tradisional ada Pasar Atas dan Pasar Bawah yang letaknya tidak terlalu jauh dari Jam Gadang. Saya nggak tau kenapa disebut Pasar Atas dan Pasar Bawah, mungkin karena keberadaan lokasinya saja.
Yang paling saya kagumi dari Jam Gadang adalah kekuatan dan kekhasan bangunannya. Ada bentuk rumah gadang diatasnya. Ciri khas ranah Minang. Ini bentuk bangunan terkini setelah Indonesia merdeka. Sebelumnya bukan berbentuk seperti itu, saya lupa, apa ya modelnya, padahal sudah dikasih tahu sama guide. Konon katanya mesin Jam Gadang sejenis dengan Big Ben di Inggris, dan hanya ada dua macam saja, kembarannya.
Datang dech kesana, pasti pengen balik lagi, cobain dech............




Ini diambil fotonya dari Plaza Bukittinggi ;

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bunga Rampai

Menggapai kata-kata dalam pencapaian makna perjalanan kehidupan nan fana. Semoga manfaat untuk dunia akhirat.



Blog Rudi Santosa


Terima kasih sudah mau mampir. Seandainya mau copy paste, dipersilakan, asal jangan dibumbui dengan ditambahi atau dikurangi, apa adanya saja. Tolong dituliskan alamat blog ini. Apalagi kalo mau ambil fotonya mohon dapat disebutkan dengan lengkap dan benar sumber foto tersebut. Kalo sudah diedit agar disebutkan dengan jelas bahwa tulisannya sudah diedit. Dengan demikian tanggungjawabnya beralih kepada pengedit tulisan saya. Hak cipta hanya milik Allah Subhanahu wa ta'ala.















Supporters